MAHASISWA PPKN PASCA UNY TERBITKAN BUKU BERBASIS INOVASI

Dalam menghadapi dinamika zaman yang dinamis dan kompetitif, dunia pendidikan harus mampu melakukan inovasi. Salah satu menjawab hal tersebut bisa dilakukan dengan memperkaya literatur berkaitan dengan kajian inovasi.

Berangkat dari kesadaran tersebut, Mahasiswa PPKn Pasca Universitas Negeri Yogyakarta menerbitkan buku dengan judul “Inovasi Pembelajaran Kewarganegaraan Abad Ke-21.” Buku tersebut merupakan kumpulan tulisan para mahasiswa PPKn Pasca angkatan 2018 dalam mata pelajaran Inovasi Pembelajaran PPKn, yang terbagi dalam subbab tentang bahan ajar, metode, dan media pembelajaran. Buku tersebut diterbitkan Agustus 2019 bekerjasama dengan UNY Press.

Dr. Mukhamad Murdiono, M.Pd selaku dosen pengampu mata kuliah Inovasi Pembelajaran PPKn mengatakan bahwa buku tersebut merupakan buku kedua dalam mata kuliah tersebut. Angkatan sebelumnya (2017) juga menerbitkan buku dari mata kuliah yang sama. Dosen yang juga Kaprodi PPKn S1 UNY tersebut juga mengatakan produk pembelajaran dari mata kuliah tersebut didasari keinginan untuk memberikan kebermaknaan dan ada produk nyata dari mata kuliah terhadap dunia pendidikan khususnya PPKn.

“Buku ini sangat bermanfaat dalam pembelajaran PPKn. Buku ini hadir di tengah minimnya literatur tentang inovasi pembelajaran PPKn,”tegasnya ditemui di ruangan Kaprodi PPKn Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta. (Toba Sastrawan Manik/JK)

.