Prodi PPKn Pasca UNY Kuliah Umum dengan Dosen Utrech, Belanda

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan kegiatan Visiting Professor dari Universitas Utrech, Belanda. Kegiatan berlangsung selama dua hari yakni 22 & 25 Oktober 2019 di Aula Lantai 7 Gedung Imam Bernadib, Universitas Negeri Yogyakarta.

Hadir selaku pembicara adalah Wiel Veugelers, Professor of Education at The University For Humanistic Studies Utrech University. Wiel membawakan dua materi yakni Learning and Teaching in Critical  Democratic Citizenship Education dan Developing Critical Democratic Citizenship Education in the 21st Century: Competence, Curriculum, and Asessment. “ Ini sudah kesekian kalinya berkunjung ke UNY dan selalu menyenangkan,”kata Wiel disela-sela presentasinya.

Kegiatan dibuka langsung oleh Direktur PPS UNY, Prof. Dr. Marsigit, M. A. Prof Marsigit dalam sambutannya mengatakan bahwa dunia saat ini menghadapi globalisasi sekaligus munculnya gerakan-gerakan fundamentalisme. Oleh karena itu, pendidikan kewarganegaraan dituntut untuk mampu menciptakan warga negara yang ideal khususnya dalam konteks Indonesia saat ini.

Kaprodi PPKn, Dr. Suharno, M. Si dan semua dosen PPKn Pasca UNY hadir dalam kegiatan tersebut. Dr. Samsuri, M. Ag mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian penguatan kompetensi mahasiswa PPKn khususnya dalam kajian tentang Teori dan Prinsip Pendidikan Kewarganegaraan.

Peserta yang hadir adalah mahasiswa angkatan 2018 dan 2019. Tampak para peserta semangat untuk bertanya dan berdiskusi. “Semoga Prof. Wiel berkenan datang lagi dan belajar bersama kita di tahun yang akan datang,”tutup Samsuri diakhir perkuliahan. (Toba Sastrawan Manik).