KMP PPKn UNY Jembatani Komunikasi Mahasiswa dengan Dosen

Kepala Departemen PKnH sedang memberikan tanggapan dari pertanyaan mahasiswa

Pada tanggal 20 Oktober 2023, Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP)  Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sukses menyelenggarakan "Sarasehan: Dialog Mahasiswa & Dosen”. Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja Divisi Advokasi Pelayanan Publik, dihadiri oleh panitia KMP dan mahasiswa S2 PPKn serta S3 PKn.

Forum ini diselenggarakan secara daring melalui platform Zoom dan dihadiri oleh dosen serta 50 mahasiswa Pascasarjana. Kegiatan ini dijadikan momen untuk mendiskusikan keluh kesah yang dihadapi mahasiswa serta memberikan wadah bagi mahasiswa pascasarjana untuk berkomunikasi langsung dengan dosen. Dengan cara ini, mereka dapat menyampaikan aspirasi dan berkolaborasi mencari pemecahan masalah yang dihadapi. “Mahasiswa tidak perlu sungkan memberi masukan terkait fasilitas, pengajaran, atau hal lainnya kepada dosen untuk kemajuan bersama”, ujar Prof. Dr. Mukhamad Murdiono, S.Pd., M.Pd (Korprodi S2 PPKn). Hal tersebut direspon positif oleh mahasiswa sebagai bentuk keterbukaan dalam menerima kritik dan saran.

Sarasehan ini bertujuan untuk menciptakan ruang diskusi yang komunikatif bagi mahasiswa dan dosen. Selama kegiatan berlangsung, kondisi dan suasana terjaga dengan baik, berjalan aman dan terkendali, menciptakan ruang yang nyaman bagi mahasiswa dalam menyampaikan aspirasi dan mencari solusi bersama. Aspirasi yang disampaikan mahasiswa dan respon positif dosen dalam menerima masukan menunjukkan bahwa kegiatan ini efektif dalam membangun komunikasi yang terbuka antara mahasiswa dan dosen. Sarasehan ini menjadi tonggak penting dalam membangun kebersamaan dan pemahaman di lingkungan pendidikan pascasarjana. Melalui dialog ini, diharapkan akan muncul pemahaman yang lebih baik antara dua belah pihak.

 

Tags: