Mahasiswi PPKn S-2 Juara I Lomba Karya Ilmiah se-Kab. Temanggung

Rhindra Puspitasari

.Mahasiswi aktif Prodi PPKn Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta mendapatkan Juara I pada ajang Kreanova Kabupaten Temanggung Tahun 2014. Pengumuman hasil lomba dilakukan di bulan Desember 2014. Ajang Kreanova yang diselenggarakan oleh BAPPEDA Kabupaten Temanggung merupakan lomba tahunan yang rutin dilakukakan. Ajang Kreanova ini juga dilanjutkan pada tingkat Provinsi Jawa Tengah yang juga merupakan lomba tahunan.

Dalam hal ini pemenang atas nama Rhindra Puspitasari yang kini sedang melanjutkan studi di program pascasarjana di Prodi PPKn Universitas Negeri Yogyakarta mengajukan karya untuk dilombakan dengan judul “Good Citizen Diary sebagai salah satu Media Innovasi Pembelajaran”. Karya ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bermula muncul dari gagasan mengenai media belajar yang dapat membantu menanamkan nilai karakter bangsa pada peserta didik pada khususnya dan seluruh generasi muda Indonesia pada umumnya. Karena karakter yang ada pada generasi muda Indonesia kini mengalami degradasi.

 Penemuan gagasan untuk membuat media belajar siswa yang nantinya bisa berkesinambungan dan memberikan dampak positif untuk menanamkan karakter bangsa pada peserta didik. Gagasan dan ide yang dikembangkan ini innsyaallah tidak hanya memiliki manfaat untuk mata pelajaran PKn saja, namun juga bermanfaat untuk mata pelajaran lain. Good Citizen Diary ini adalah media untuk mencurahkan suara hati peserta didik yang didalamnya terdapat indikator warga Negara yang baik.