Memperkenalkan Mahasiswa Pascasarjana FISHIPOL pada Kehidupan Kampus yang Hangat dengan Talk Show dan FGD

Mahasiswa baru pascasarjana PPKn sesaat setelah talkshow

Pada Jumat, 8 September 2023, KMP FISHIPOL UNY menyelenggarakan acara Talk Show dan Forum Group Discussion. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dan Ilmu Politik (FISHIPOL). Tak hanya panitia, forum ini juga melibatkan dosen, sebagai penyelenggara dalam rangka menyambut mahasiswa Pascasarjana 2023/2024 di lingkungan FISHIPOL serta memberikan orientasi akademik. Dengan mengusung format Talk Show dan Forum Group Discussion (FGD).

Kegiatan berlangsung secara hybird di Aula Gedung FISHIPOL B dan ruang meeting Zoom dan dihadiri oleh Dekanat, Korprodi, dan mahasiswa baru S2 dan S3 yang berjumlah lebih dari 120 orang. Sepanjang kegiatan, mahasiswa sangat antusias dan aktif berpartisipasi dalam diskusi dan tanya jawab sehingga menciptakan atmosfer yang ramah dan inklusif. “Saya berharap kepada seluruh mahasiswa untuk terus semangat dalam mengembangkan diri agar dapat mempublikasikan karya ilmiah yang berkualitas serta lulus lebih cepat”, ujar Prof. Dr. Suhadi Purwantara, M.Si (Dekan FISHIPOL UNY).

Talk Show dan FGD ini bertujuan untuk memberikan pengalaman pengenalan kampus yang lebih mendalam dan interaktif bagi mahasiswa baru. Interaksi langsung ini menjadi panggung untuk berbagi pengalaman, memberikan panduan akademik, dan merespons pertanyaan mahasiswa baru. Selain itu, kegiatan ini bertujuan memberikan orientasi perkuliahan untuk memastikan mahasiswa baru memahami dinamika dan tata tertib kuliah di FISHIPOL UNY.

Suksesnya kegiatan ini tidak hanya terletak pada penyampaian informasi yang efektif tetapi juga pada pembentukan hubungan positif antara mahasiswa baru dan seluruh elemen di lingkungan kampus. Talk Show dan FGD PKKMB FISHIPOL UNY membuktikan bahwa meskipun hybird, interaksi antar anggota akademik dan mahasiswa baru dapat tetap intim dan memberi dampak positif dalam memulai perjalanan akademis mereka. Dengan demikian diharapkan tercipta suasana akrab dan terbuka, serta memudahkan mahasiswa baru dalam beradaptasi dengan lingkungan akademik.